Game Harvest
Moon ini adalah game yang bebas (dibebaskan), maka hanya diberikan beberapa
tips yang mungkin berguna. Keseluruhan game ada 6 Chapter yang totalnya adalah
10 tahun dengan perincian satu tahun ada 4 musim dan satu musim ada 10 hari.
Perlu diperhatikan juga kalau waktu dalam Harvest Moon kali ini tetap berjalan
walaupun kamu berada dalam rumah ataupun kandang ternak, hanya melatih anjing
saja waktu akan berhenti jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya.
INFO KESUKAAN PENDUDUK :
Takakura: masakan rumah dan susu
Tim: ikan,masakan rumah, dan sayur-sayuran
Ruby: bunga,susu,mentega,permata,dan masakan rumah
Rock:bunga mist moon
Nami: bunga trick blue, horse statue, curry dish,human statue, dan
tengkorak(skull fosill
Griffin: bunga trick blue,koin, telur
Muffy: bunga, susu,koin,dan permata (ore)
Galen:ikan,sayur-sayuran, buah-buahan dan masakan rumah.
Nina:bunga
Dr.hardy: ikan, koin, dan fosil
Grant:susu, telur, dan ikan
Samantha: bunga, susu, dan sayuran
Kate: bunga, koin, dan permata
Wally: telur,susu,ikan, dan koin
Chris: bunga,susu, dan buah-buahan
Hugh: susu, koin, permata,dan ice cream
Romana: bunga, koin emas,permata, susu, dan buah-buhan
Sebastian: koin emas, fosil, dan masakan rumah
Lumina: bunga, permata
Darly: ikan,telur, keju, koin, dan tulang
Kassey dan patrick: bunga, ikan, permata,dan susu
Cody: bunga, telur, fosil, dan permata
Gustafa: bunga, koin,patung, permata dan masakan kari
Vesta: bunga,susu, sayuran, buah-buhan, masakan kari(curry dish)
Marlin: sayuran,susu,telur dan makanan
Celia: bunga,telur, buah, sayuran,koin dan permata
Carter: susu,ikan, buah-buahan, sayuran, dan keju
Flora: ikan, keju, mentega,fosil dan patung
Mukumuku: bunga, ikan, dan telur
SEMUA HADIAH YANG BISA KITA DAPAT DARI PENDUDUK:
Strange Hoe
berteman dahulu dengan tim kasih aja tim susu,masakan rumah,sayuran dan
buah-buaha
pergi ke kamarnya tim di lantai1 pada pukul 07.00am
dan anda harus mempunyai lapangan besar/lahan ke 3.
dalam satu hit total 5 unit di garap tanah.
Weird Hoe
berteman dahulu dengan vesta kasih aja vest bunga.
pergi ke ruang penyimpanan,di pingir rumah vesta, ketika marlin tidak ada
sekitar pukul 10:50am atau 02.30pm
anda harus mempunyai lapangan besar/lahan ke 3
dan anda juga memerlukan cangkul aneh pertama dari tim
untuk 3x3 sepetak tanah dlm satu hit (jumlah total 9 unit meng garap tanah)
Watering Can W
berteman dahulu dengan romana kasih aja romana bunga,permata
setelah itu kamu pergi ke kamar romana pukul 00.00pm (siang hari)
dan anda harus memiliki lapangan besar/lahan ke 3
menyiram 3x3 sepetak tanah dalam satu siraman (jumlah total 9 unit)
Strange Sickle
berteman dahulu dengan cody caranya kasih aja cody bunga fosil
setelah itu kamu masuk ke rumah cody pukul 09.00am
anda harus mempunyai rumput di padang rumput tapi jangan di potong terlebih
dahulu.
memotong rumput 3x3 dalam satu hit (jumlah total 9 unit)
Weird Sickle
berteman dahulu dengan dr hardy kasih dia fosil
pergi ke rumah dr hardy pukul 01.30pm atau 05.00pm
anda memerlukan sabit aneh pertama dari cody
memotong rumput dlm satu hit total 5 unit.
Clippers
berteman dahulu dengan wally kasih aja wally susu,telur,dan coin emas
masuk ke rumah wally ketika ia pulang.
Jam Weecker ( Weker )
Pada tahun ke 2 kamu pergi ke rumah Grant pada pukul 05.00am
grant akan menawarkan jam weker itu pada anda. Dengan menjawab ya, anda akan
diberikan jam weker itu. Setelah itu jam weker tadi akan tersimpan otomatis di
samping tempat tidur anda dan bisa diatur.
Ruby Space
berteman dahulu dengan ruby caranya kasih uby bung setiap hari klo sudah entar
di tahun ke 2/3 kamu masuk ke dafur penginapan inner in pada pikul 02.30am dan
cut scen pun terjadi.
Samantha dan nina:mereka hanya memberikan resep masakan
Seed Maker
berteman dengan daryl dan Masuki rumahnya sekitar jam 1pm. Dia akan mengeluh
soal idenya tentang seed maker yang sudah dibuat di kota. Jika kalian belum
memiliki seed maker, maka Daryl akan memberikan seed maker nya pada kalian
untuk membuktikan bahwa dia yang menemukan seed maker pertama kali
Fishing pole
Berteman terlebih dahulu dngn galen caranya kasih aja galen sayuran, ikan atau
pun masakan rumah.
Setelah itu entar di tahun ke 3 kamu masuk kerumah galen pada pukul 08.00am dan
langsung talk sama galennya langsung.
Entar galen memberi mu pertanyaan: "Do you like fishing" jawab aja
"yes".
Tartan
Tartan akan datang atau lebih tepatnya akan kamu dapatkan pada tahun ke 2.
Klo bulan dan tanggal itu bebas asalkan kamu sudah berteman terlebih dahulu
dengan takakura caranya kasih takakura masakan rumah ataupun susu.
Bila sudah kamu pesanlah barang contoh:bird fooder, tools (alat untuk berkebun)
dll. Atau bisa juga menjual barang contoh susu, telur, sayuran, dan
buah-buahan.
(Smuanya harus di food storage/bangunan yang tinggi di pinggir rmh takakura)
Sebelum pukul 05.00am (subuh) klo sudah kamu masuk ke rumah takakura pukul
09.00pm (malam hari) dan cut scen pun terjadi di dalam rumah takakura.
Cara Menghybrid Dan Resep Tanaman ( Tartan ) :
1. kamu masuk ke rumah takakura
2. talk langsung kepada tartan entar tartan memberikan 2 pilihan
1. I want to analze
2. I want to talk
3. terus kamu pilih talk sebanyak-banyaknya
4. terus tartan akan memberi mu pilihan hybrid
5. sekarang kamu bisa menghybrid 2 benih tanaman yg berbeda.
Saya punya masukan kpd anda (bila mau menghybrid benih tanaman kamu harus talk
dulu sma tartan sebanyak 3x biar succes menghybrid nya)
1. Hybrid Crops
Gretoma --> Tomato + Watermelon (Spring-Fall)
Berrytoma --> Tomato + Strawberry (Spring-Fall)
Melotoma --> Tomato + Melon (Spring-Fall)
Berryber --> Watermelon + Strawberry (Spring-Summer)
Melober --> Watermelon + Melon (Spring-Summer)
Berrylon --> Melon + Strawberry (Fall-Spring)
Radita --> Turnip + Potato (Winter-Summer)
Cady --> Turnip + Carrot (Winter-Summer)
Kandy --> Turnip + Yam (Winter-Summer)
Tataro --> Potato + Carrot (Winter-Summer)
Bashota --> Potato + Yam (Winter-Summer)
Kanro --> Yam + Carrot (Summer-Fall)
Trady --> Turnip + Tomato (Spring-Fall)
Tobatama --> Potato + Tomato (Spring-Fall)
Tomaca --> Carrot + Tomato (Spring-Fall)
Yamato --> Yam + Tomato (Spring-Fall)
Raury --> Turnip + Watermelon (Spring-Summer)
Bashber --> Potato + Watermelon (Spring-Summer)
Cabber --> Carrot + Watermelon (Spring-Summer)
Kashry --> Yam + Watermelon (Spring-Summer)
Dhibe --> Strawberry + Turnip (Fall-Spring)
Paberryta --> Strawberry + Potato (Fall-Spring)
Caberry --> Strawberry + Carrot (Fall-Spring)
Berrican --> Strawberry + Yam (Fall-Spring)
Dhilon --> Turnip + Melon (Summer-Fall)
Potamelo --> Potato + Melon (Summer-Fall)
Camelo --> Carrot + Melon (Summer-Fall)
Sholo --> Yam + Melon (Summer-Fall)
2. Hybrid Trees
Appage --> Banana + Apple
Gehju --> Banana + Grape
Jurum --> Peach + Grape
Lanmuge --> Peach + Orange
Magerum --> Peach + Banana
Magenge --> Orange + Banana
Orahge --> Orange + Gehju
Oraphu --> Orange + Apple
Phuju --> Apple + Grape
Phurum --> Apple + Peach
3. Rare Crop (RC)
RC 01 --> Cabber + Raury (Spring)
Rc 02 --> Gretoma + Berrylon (Spring)
RC 03 --> Tomaca + Melotoma (Summer)
RC 04 --> Bashb
Record:
-spring song_bila udah brtmn dng van... maka record spring song akan ada di
shop dia dari tahun ke2 dan seterusnya
-town spirit_brtmn dngn sebastia.... masuk kekamarnya pada jam 05.00am and talk
ke dia(mungkin harus udah lht cs tentang foto romana wkt masih muda...) Dari
tahun ke 1 winter dan seterusnya
-flowerbud fall_brtmn dng rock.... usahakan ksh brg kesukaanya setiap hari....
masuk ke kamarnya jam 00.00pm (12 siank)... [sebelum talk ke dia kasih dia brg
terlebih dahulu] dari tahun ke 4 dst
-64 memories_ kalahkan kassey/patrick dlm mini game puzzle sbnyak 10x
-marine jazz_ brtmn dng griffin... masuk ke kamarnya pada jam 10.00am atau
02.00pm
-butterfly_brtmn dngn marlin... pd tanggal 3 dan 8 pergilah ke dekat air terjun
dekat tenda carter pd jam 09.00am and talk ke marlin
-winter hm_brtmn dng kate... masuk ke lantai atas rumahnya pd jam 6 pagi dan
talk langsung ke dia
-HMAWL SE_brtmn dng hugh.... masuk ke kamarnya pd jam 06.00am and talk ke dia
-summer memories_brtmn dgn carter... pd tggl 3 dan 8 pergi ke pantai pd jam
02.00pm atau 03.00pm and talk langsung ke dia
-joy of fall_ brtmn dng mukumuku... pergi ke hutan spring (di dkt rumah harvest
sprites) and talk aja ke dianya langsung.... 1hari dapat 1 record (selama musim
dingin saja)
-the bride_ brtmn dngn chris.... and talk ke dia waktu dia lagi di luar atau di
dalam rumahnya....
note: bila ingin mendapatkan smua record itu.... sbelum talk ke chart yang
bakal ngasih record ke kita.... sebaiknya kasih mereka brg kesukaanya terlebih
dahulu....
KARIR ANAK/SKILL ANAK
Karir anak merupakan hal penting yang harus kamu kembangkan. Kemampuan Karir
tergantung dari berteman dengan benar, memberikan hadiah yang benar, serta
memberikan mainan yang benar. Selain itu kamu bisa menunjukkan ankmu pada
setiap orang, untuk yang berkomentar baik tentang anakmu bisa kamu tinggalkan
sebentar di rumahnya. Berikut sedikit penjelasan tentang karir dan apa saja
yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan skill-nya yaitu :
Scholar/Ilmu Pengetahuan/Sarjana
Scholar adalah pengembangan minat anak terhadap ilmu pengetahuan. Banyak hal
yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :
Berteman baik dengan Daryl, Carter, maupun Flora
Memberikan mainan Toy Car (mobil-mobilan) atau Blocks (puzzle)
Menunjukkan hasil penggalian berupa Ore seperti Moon Ore dan Sugar Ore
Bawa anakmu ke tempat Daryl (Scientist House) dan tempat Carter (Dig Site)
Saat Chapter 3 baca buku The Seven Wonders
Jika berteman baik dengan Flora dan Carter maka di Chapter 3 ia memberikan
Necklace yang bisa kamu berikan pada anakmu.
Memerah susu sapi/kambing dengan Milker serta mencukur bulu domba dengan
Electric Razor.
Plants/Tanaman/Ahli Botanis
Plants adalah mengembangkan kemampuan anakmu terhadap tumbuhan (ahli Botanis
gitu deh). Hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :
Menunjukkan Bunga, Hasil panen, tanaman liar, Bibit (Seed)
Berteman baik dengan Celia, Vesta, dan Marlin
Bawa anakmu ke Vesta’s Farm atau cukup tinggalkan di tanah pertanianmu sendiri.
Sesering mungkin membeli pupuk/fertilizer dan menggunakannya pada rumput
ataupun tanaman
Menanami ladang dengan banyak pohon buah maupun tanaman sayuran
Animals/Hewan
Animal adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap hewan (mungkin untuk
menjadi Peternak atau Dokter Hewan???). Hal yang bisa menaikkan minatnya yaitu:
Menunjukkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan sebagainya
Menunjukkan bayi atau anak sapi (Cattle), serta Ayam (Chickens)
Bawa anakmu ke Barn dan Chicken Coop di tanah pertanianmu
Membaca buku ‘I love Pets!”
Memerah susu sapi/kambing dengan tangan dan gunakan Wool Shears (pencukur
biasa) pada dombamu atau gunakan Milking Room saja.
Menerima Kucing dari Romana serta berteman baik dengan Romana
Artist/Seniman
Artist adalah kemampuan anakmu terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seni
termasuk melukis maupun memahat. Hal yang bisa membantu mengembangkan minatnya
yaitu :
Tunjukkan Moon Ore dan Sugar Ore dari hasil penggalian
Berteman baik dengan Cody, Patrick, Kassey, maupun Sebastian
Bawa anakmu ke rumah Cody (Artist’s House), rumah si kembar Patrick &
Kassey (Fireworks Maker) ataupun ke Villa tempat Sebastian berada.
Tunjukkan selalu mainan Scratchpad pada anakmu
Baca buku “Colors” dalam ruangan
Jika berteman baik dengan Cody maka ia akan memberikan lukisan yang bisa kamu
pasang di rumahmu ataupun kandang ayam.
Music/Musik
Music adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia musik. Anak Lumina
sangat menyukai musik jadi hal-hal yang bisa mengembangkan minat musik adalah :
Berteman baik dengan Gustafa, Lumina (jika kamu tidak menikahinya), Romana,
ataupun Griffin
Bawa anakmu ke tenda Gustafa (Bard’s House). Blue Bar, Inner Inn dan Villa
merupakan alternatif
Dapatkan drum set dari Gustafa untuk diberikan pada anakmu saat Chapter 3, itu
jika kamu berteman baik dengannya. Kamu juga bisa mendapatkan Sheet Music jika
berteman baik dengan Lumina tapi bukan menikahinya lho..^^.
Athlete/Atlit/Olah Raga
Athlete adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia olahraga terutama
Atletik. Hal-hal yang bisa membantu yaitu :
- Selalu menunjukan Bola/Ball biru yang dibeli dari van padanya
- Berteman baik dengan Wally dan Hugh
- Bawa anakmu ke rumah Wally
- Sering-seringlah berjalan kaki dibandingkan menunggangi kuda
- Stlh ia tumbuh lebih besar di Chapter 3 n 4 mk barang2 di kamarnya bs
menunjukkan tingkat kesukaannya krn anakmu sudh mempunyai kmr sendiri.
CARA MENDAPATKAN HEWAN PELIHARAAN RAHASIA ( SECRET
PETS )
Bertemanlah dengan Cody, dan pada suatu hari... kamu akan melihatnya
bersama dengan kura-kura di Turtle Swamp. Memancinglah disana lalu Cutscene
akan terjadi bahwa kamu tercebur. Lalu Cody dan kura-kura itu menolongmu. Dan
di akhir tahun di Year 1, kamu akan diberi kura-kura oleh Cody. Kamu hanya bisa
mendapatkan rakun di Year 1.
Bertemanlah dengan Vesta dan adiknya Merlin. Setelah kamu mendapat Veggie
Juice dan Weird Hoe, kamu akan diberi rakun oleh Vesta. Kamu hanya bisa
mendapatkan rakun di Year 1.
Bertemanlah dengan Carter dan dapatkan setiap tablet per tahunnya. maka, di
Year 6 ia akan memberimu Chihuahua
Bertemanlah dengan Romana, lalu pada Year 2, bangunlah jauh lebih siang
diabandingkan istrimu, maka Cutscene akan terjadi dan Romana akan memberimu
kucing.
Belilah kolam di Year 1. Lalu pada musim panas di Year 2 kamu akan
mendapatkan 2 bebek (jantan dan betina)
Anak bebek akan menetas di telur yang dierami ayammu. INGAT!!! Bebek tidak
menghasilkan telur
Bertemanlah dengan Muku-muku (makhluk besar yang imut yang hanya datang di
musim salju). lalu pada suatu hari di musim salju, datanglah ke Spring dan
Cutscene akan terjadi. Lalu setelah itu Muku-muku memberimu Kadal
Bertemanlah dengan semua orang tanpa terkecuali di Forget Me Not Valley.
Lalu kamu akan diminta membersihkan Goddes Spring, setelah itu Harvest Sprites
akan memberimu burung Hantu. Terkadang, burung hantu tersebut dapat kamu lihat
di pohon besar tempat tinggal Harvest Sprites.
HARGA SETIAP IKAN YANG KITA DAPAT DARI
MEMANCING
Huge Sharshark : 2500 g / 3000 g
Huge Yamame : 2000 g / 2400 g
Huge
Arna : 1500 g / 1800 g
Huge Rainbob : 500 g / 600 g
Huge Huchep : 200 g / 240 g
Huge Colombo : 100 g
Big Sharshark : 1200 g / 1440 g
Big Yamame : 1000 g / 1200 g
Big
Arna : 800 g / 960 g
Big Rainbob : 150 g / 180 g
Big Huchep : 170 g / 204 g
Big Nyamame : 130 g / 156 g
Sharshark : 600 g / 720 g
Yamame : 500 g / 600 g
Arna :
400 g / 480 g
Rainbob : 80 g
TIPS:
1.
Untuk
mendapatkan ikan jenis Sharshark, Yamame, dan Arna dibutuhkan waktu yang lama
sekitar 1-2 jam di harvest moon. Dan gelombang airnya bergelombang lebih dari 6
kali dengan tempo yang lambat. Dan akan beriak 30 - 40 kali riak air
2.
Semakin lama
memancing, semakin besar ikan yang didapat ( semakin cepat semakin kecil )
3.
Jualah ikanmu
ke Van, jika mendapat ikan besar dia menawarkan harga awal, bilang
"No". Maka ia akan menaikkan harga jualmu. Jika belum, lakukan
berulang ulang sampai dia menaikkan harganya